Komentar yang Membahayakan Diri Sendiri.

Body shaming, hal ini pernah viral awal tahun ini diperbincangkan di media digital akan bahaya dan konsekuensi karena melakukannya. Menurut kamus psikologi (Chaplin, 2005) citra tubuh atau biasa disebut body image adalah ide seseorang mengenai penampilannya di hadapan orang (bagi) orang lain. Secara umum, seseorang begitu memperhatikan bentuk tubuhnya hingga melahirkan suatu body-image yang positif atau malah negatif. Body shaming ini jarang kita sadari. Ironisnya, beberapa dari kita menganggap bahwa body shaming hanyalah sebuah candaan belaka. Namun, konsekuensinya ternyata tidak senilai dengan bercanda atau sekedar iseng.

Definisi:

“Body shaming: tindakan mengejek/menghina dengan mengomentari fisik (bentuk tubuh maupun ukuran tubuh) dan penampilan seseorang,”

Dasar Hukum:

Kitab Undang-undang Hikup Pidana (KUHP), Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), dan undang-undang No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) sebagaimana yang telah diubah oleh Undang-undang No.19 Tahun 2016.

Pasal 27 ayat 3 UU ITE memang menyebut bahwa setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik dapat dipidana paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 750 juta.

Sementara itu, penghinaan terhadap citra tubuh dapat dikategorikan sebagai pasal penghinaan ringan yang termaktub dalam Pasal 315 KUHP:
“Tiap-tiap penghinaan dengan sengaja yang tidak bersifat pencemaran atau pencemaran tertulis yang dilakukan terhadap seseorang, baik di muka umum dengan lisan atau tulisan, maupun di muka orang itu sendiri dengan lisan atau perbuatan, atau dengan surat yang dikirimkan atau diterimakan kepadanya, diancam karena penghinaan ringan dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.”

Ya begitulah kira – kira fakta yang terjadi di negeri ini, bahwa segala bentuk pelecehan fisik yang baik secara sengaja maupun tidak sengaja, ada konsekuensinya. Mari lebih bijak lagi dalam berkomentar baik di dunia digital maupun di dunia nyata – Mu! Karena hukum di Indonesia jelas dan nyata.

2 Replies on Komentar yang Membahayakan Diri Sendiri.

  • Adji virgyawan says:

    Wahai netizen bajingan apakah ada firasat sebelumnnya hehehe kok malah jadi lagu jasonranti ya 😂,ya komentar yang buruk juga dapat membahayakan diri sendiri netizen 2019 banyak yang pada asal jeplak ya biasa lah netizen indo emng begitu,yaudahlah ya ini kan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia ya ke 74 mudah mudahan netizen indonesia menjadi netizen yang baik dan budiman😀

Leave a Reply